FGD PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) BIDANG LOGISTIK POLITEKNIK APP JAKARTA DI BPSDMI

Senin, 29 Apr 2019, 11:19:33 WIB - 526 View
Share
FGD PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) BIDANG LOGISTIK POLITEKNIK APP JAKARTA DI BPSDMI

       Politeknik APP Jakarta sebagai salah satu Sekolah Pendidikan Vokasi Unggulan di bawah Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Pengembangan Program Studi Diploma IV bidang Logistik. FGD ini bermaksud untuk memperoleh masukan dari  asosiasi dan industri terkait dengan data dan informasi kebutuhan SDM di industri sebagai pertimbangan pengembangan program studi D IV bidang Logistik di Politeknik APP Jakarta. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk memetakan kebutuhan SDM industri sektor logistik, memetakan kompetensi SDM industri sektor logistik dan membangun komunikasi dan kerjasama dengan industri dalam upaya pengembangan program studi D4 terkait bidang Logistik di Politeknik APP Jakarta. FGD ini diselenggarakan di Ruang Rajawali, Badan Pengambangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) pada tanggal 25 April 2019 yang dihadiri lebih dari 50 peserta baik dari asosiasi maupun perusahaan.

             Focus Group Discussion dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi (PPKV) Industri, M. Arifin, SE., MM. dan dalam kesempatan ini juga  disampaikan pemaparan rencana pengembangan pogram studi Diploma IV oleh Direktur Politeknik APP Jakarta, Ahmad Wimbo H, SE., MM. Dan sebagai moderator Ir. Syarief Hidayat, MM dengan menghadirkan narasumber dari beberapa industri besar antara lain:

  1. Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI), Ir. Made Dana Tangkas: “Optimalisasi Industri Otomotif dengan Perkuatan Logistik Nasional”
  2. Ketua Komite Kebijakan Publik dan Hubungan antar Lembaga, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Doni Wibisono: ”Peran Logistik untuk Menunjang Industri FMCG”
  3. Direktur Utama PT. Komatsu Indonesia, Ir.  Pracoyo: ”Manajemen Logistik dalam Industri Alat Berat”
  4. Vice Chairman Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Iman Gandi: ”Peluang dan Tantangan Logistik Global”.

          Berdasarkan hasil diskusi, diketahui bahwa peluang dan kebutuhan SDM di bidang logistik saat ini masih sangat besar. Kebutuhan ini perlu didukung oleh ketersediaan SDM yang menguasai pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter yang sesuai dengan kebutuhan industri. Sinergi antara dunis usaha, lembaga pendidikan dan pemerintah sangat dibutuhkan untuk mewujudkan penciptaan SDM siap pakai di bidang logistik.
         Pelaksanaan FGD ditutup dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Politeknik APP Jakarta dengan PT. Sentosa Ultra Gasindo terkait pelaksanaan kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Jakarta, 25 April 2019

 

2019 Politeknik APP Jakarta