Sejarah Kampus Merah

Permulaan cikal bakal Politeknik APP Jakarta berawal dari Akademi Pimpinan Perusaahan dimulai pada tahun 1957, atas prakarsa dari beberapa tokoh/ pejabat (antara lain dari dalam lingkungan Departemen Perindustrian pada waktu tersebut) dibuka suatu Pendidikan Pemimpin Perusahaan berupa kursus untuk menghasilkan tenaga Pembina usaha industri. Adapun tokoh yang menjadi pendiri Pendidikan Pimpinan Perusahaan adalah sebagai berikut :

 

  1. Ir. Anondo
  2. Ir. Adnan Kusuma
  3. Prof. DR. Prayudi Atmosudirjo
  4. Suryo Sudino, SE
  5. Ir. K. DL Thung
  6. Ir. K. Hadinoto
  7. Ir. Safiolen
  8. Amir Husein Siregar
  9. Bodin Atmodiromo

Kemudian pada tahun 1959 Pendidikan Pimpinan Perusahaan ditingkatkan menjadi Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian No. 488/TU tanggal 15 Januari 1959. Kegiatan perkuliahan pertama dimulai tanggal 22 September 1959 yang selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Akademi Pimpinan Perusahaan.

Jurusan yang diselenggarakan Akademi Pimpinan Perusahaan pada awal mula didirikannya adalah Jurusan Mekanika dan Kimia, yang mana untuk memenuhi kebutuhan tenaga Pimpinan Perusahaan pada tingkat menengah yang sangat dibutuhkan ketika itu. Sesuai dengan perkembangan kebutuhan pengelolaan usaha industri, maka pada tahun 1973 jurusan yang ada mengalami perubahan menjadi 4 pendalaman bidang keahlian fungsional yaitu:

  1. Manajemen Personalia
  2. Manajemen Produksi
  3. Manajemen Pemasaran
  4. Manajemen Pembelanjaan

Sejak didirikannya sampai dengan penerimaan mahasiswa baru tahun 1986, program yang diselenggarakan adalah program Sarjana Muda (B.Sc), yang telah menghasilkan lulusan seluruhnya sebanyak 5.143 Sarjana Muda (B.Sc). Sedangkan sejak tahun 1987 sampai dengan sekarang program tersebut berubah menjadi Program Diploma III dengan Gelar Ahli Madya (A.Md) dan telah menghasilkan lulusan sebanyak 11.217 alumni. Secara keseluruhan lulusan Akademi Pimpinan Perusahaan sampai dengan saat ini adalah sebanyak 16.360 alumni.

Mulai tahun 1983, penyelenggaraan pendidikan Akademi Pimpinan Perusahaan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Menteri Perindustrian No. 279/M/SK/VI/1981/0181/0/1981 tanggal 6 Juni 1981, menggunakan system Satuan Kredit Semester (SKS).

Dalam rangka menghadapi era globalisasi dimana perdagangan semakin liberal, maka pada tahun akademik 1997/1998 Akademi Pimpinan Perusahaan membuka peminatan Perdagangan Internasional. Pada tahun 2000 peminatan tersebut telah ditingkatkan menjadi Program Studi Perdagangan Internasional.
Mulai tahun akademik 2001/2002, penamaan Program Studi yang ada mangalami perubahan menjadi :

  1. Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia
  2. Program Studi Manajemen Produksi
  3. Program Studi Manajemen Pemasaran
  4. Program Studi Manajemen Keuangan
  5. Program Studi Perdagangan Internasional

Kelima program studi tersebut telah mendapatkan Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sesuai Surat Keputusan No. 001/BAN-PT/Ak-VI-Dpl-III/IV/2006 dan No. 002/BAN-PT/Ak-IV-Dpl-III/IV/2006.

Dalam perkembangan selanjutnya, untuk mendorong pertumbuhan industri dalam negeri serta untuk melahirkan dan mengembangkan entrepreneur muda dan tangguh, Akademi Pimpinan Perusahaan mulai tahun akademik 2007/2008 menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi Diploma III Program Studi Manajemen Pemasaran Konsentrasi Kewirausahaan dan Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) yang merupakan program Beasiswa dari Kementerian Perindustrian RI.