Kegiatan Seminar Library Club (LC) Politeknik APP Jakarta

“Menatap Masa Depan dengan Studi Luar Negeri”

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei, mahasiswa/i yang bergabung dalam Library Club (LC) Politeknik APP Jakarta menyelenggarakan Seminar mengenai studi di luar negeri yang ditujukan kepada mahasiswa/i di Politeknik APP Jakarta.
Kegiatan Seminar yang berjudul “Menatap Masa Depan dengan Studi Luar Negeri” diadakan pada hari Jumat, 19 Mei 2017 yang bertempat di ruang teater lantai 4, gedung student centre (SC) Politeknik APP Jakarta. Bentuk seminar yang dilaksanakan yaitu sharing dan diskusi langkah-langkah untuk dapat melanjutkan studi ke luar negeri dan tanya jawab bersama narasumber. Dalam pemaparannya Fathan Asadudin Sembiring sebagai narasumber menggambarkan pengalamannya dalam memperoleh beasiswa China Scholarship Council Program untuk Associate Degree of Chinese Language di Peking University, yaitu pendidikan bahasa Mandarin tanpa gelar kemudian melanjutkan pendidikan masternya di University of International Business and Economics, China dengan beasiswa yang sama. Ia memotivasi para mahasiswa/i bahwa, melanjutkan studi ke luar negeri merupakan investasi diri untuk masa depan dalam hal karir dan kualitas kehidupan serta memberikan pengalaman yang berbeda karena menempuh pendidikan bukan di negara sendiri. “Mendapatkan beasiswa khususnya untuk ke luar negeri itu bukanlah hal yang tidak mungkin”, lanjutnya. Ya banyak cara untuk studi ke luar negeri yaitu bisa melalui beasiswa maupun non-beasiswa. Untuk jalur beasiswa, salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan aktif mencari informasi lembaga-lembaga yang memberikan beasiswa dan memiliki perencanaan diri yang matang untuk mendaftarkan diri mengikuti program-program beasiswa. Seminar yang dihadiri 50 peserta ini memberikan wawasan baru kepada mahasiswa/i Politeknik APP karena mereka selain pemaparan yang diberikan narasumber, beberapa situs atau link website seputar beasiswa juga ditampilkan. Contohnya saja website Studi in China (http://www.csc.edu.cn/studyinchina/scholarshipen.aspx) para peserta dikenalkan bagaimana menelusur universitas, program yang di ambil, dan kapan batas waktu mendaftarkan diri. Melalui seminar ini para mahasiswa/i juga mengetahui dokumen-dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk apply beasiswa seperti CV, Study Plan, Recommendation Letter, dan lainnya serta batas minimum nilai IPK, TOEFL atau IELTS dan soft skill yang dimiliki.
Acara seminar beasiswa ini pun ditutup dengan pemberian cindera mata kepada narasumber berupa sertifikat dan kenang-kenangan yang diserahkan oleh kepala perpustakaan Politeknik APP Jakarta, Bapak Bilal Ahmadi, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.