Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyelahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)

Menurut perkiraan, saat ini di seluruh dunia sudah beredar 348 jenis narkotika baru yang dikenal dengan nama new phsycoactive substances (NPS). Sementara itu, di wilayah Indonesia Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan sekitar 29 jenis NPS yang menghasilkan efek sama seperti ekstasi dan sabu-sabu, bahkan beberapa NPS mempunyai dampak yang lebih berbahaya dan mematikan.

Sebagai gambaran, data hasil penelitian yang dilakukan BNN bekerja sama dengan peneliti dari Puslitkes Universitas Indonesia tahun 2011 didapat estimasi angka penyalahguna narkoba di Indonesia mencapai prevalensi 2,2% dari penduduk berusia 10 s/d 59 tahun atau setara dengan 3,8 juta jiwa. Kurang lebih 15 ribu anak bangsa mati sia-sia karena penyalahgunaan narkotika.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, mulai dari kegiatan pemberantasan antara lain melalui pengungkapan jaringan penyelundupan narkotika dan pengungkapan pabrik gelap narkotika, kegiatan pencegahan antara melalui kampanye nasional program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), serta kegiatan rehabilitasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.